Followers

Tips & Trick Ghost Mode (crossfire)

Selama ini, banyak orang bingung dengan Ghost Mode. Sebagian orang berkata "main ghost mah kayak anak kecil!", sebagian lagi berkata "gak brani main SnD TD EM? cac*d lu!". Inilah dilema yang selama ini menghampiri banyak player GM. Padahal mereka tidak tahu, sebenarnya lebih susah bermain GM daripada bermain SnD. Ghost Mode bukan sekedar permainan menembak yang tidak kelihatan, tapi inilah tantangan sebenarnya dalam Cross Fire. Karena tidak ada game lain yang menyajikan Ghost Mode. (kecuali Xsh**t. Copy mode on.. /e30 /e30)


1. Bisa dibilang, 70% para player Ghost Mode tidak bisa atau tidak lancar bermain mode lain seperti TD dan SnD maupun EM. Begitu pula sebaliknya. Seandainya dari 70% itu bisa pun, frag mereka hanya biasa2 saja atau kata kasarnya "gak bisa dewa". CMIIW

2. Dalam ghost mode, dibutuhkan 50% konsentrasi, 30% skill, 10% taktik dan strategi, dan 10% hoki.

3. Konsentrasi yang dibutuhkan saat bermain Ghost Mode lebih tinggi ketimbang bermain SnD atau bahkan bermain catur sekalipun *ngasal mode on*.

4. Dalam Ghost Mode, berlaku hukum rimba, terutama bagi side Global Risk. "Main cupu: cac*d lu! out aje!, main dewa: spion! cheat!" Karena itu persiakan mental anda kuat2 dalam melewati cobaan ini.

Basic:


1. Gunakan headset (wajib, kudu, musti).

2. Sensivitas tidak begitu penting, jadi set saja sesuai kenyamanan.

3. Cek kondisi keyboard, bagian spasi harus enak (terutama saat menjadi Black List).

4. Alangkah baiknya mengganti jongkok ke shift, karena bisa membuat sendi jari tangan anda keselo selamanya (seperti yang terjadi pada saya sehingga saya memutuskan pensiun menjadi Black List 3 bulan lalu /sob). Tapi jika anda sudah nyaman di CTRL, ya sudah.

5. Disini flashbang dan bom asap tidak penting. Kenapa? Akan saya jelaskan di bagian berikutnya.

6. Siapkan kapak. Tapi jika tidak sesuai dengan kantong, pisau pun cukup.

7. Defuse kit wajib kudu penting.

8. Perhatikan radar anda.

9. Bermain dalam tim.

10. Jika anda pemula, bermain di laboratory saja. Karena map lain cukup sulit medan nya.

11. Set kualitas gambar ke rendah, dan matikan efek darah. Gamma minimal 50, mentok 75 aja cukup. Diatas 75? Tanggung sendiri akibatnya pada masa depan salah satu indera anda.. /e4

Kenapa?

Saya sudah membedakan saat menggunakan kualitas tinggi dan menggunakan efek darah dan membandingkannya. Ternyata, kualitas gambar rendah yang didukung dengan VGA yang optimal akan mempermudah melihat musuh saat dia bergerak. Kecuali jika bunnynya sempurna. Sementara efek darah jika dimatikan akan membuat musuh tidak transparan lagi selama tertembak (seperti ada efek asap2). Sementara Gamma gak usa ditanya lagi ya.. /heh

Black List


1. Pastikan anda sudah mempelajari yang namanya loncat kodok alias bunny. Ada 3 macam loncat kodok. Yakni basic (loncat kebelakang), normal dan advance (loncat ke depan).

2. Pelajari timing menyerang. Ini sangat penting untuk mencegah melesetnya serangan.

3. Reflek sangat penting. Disaat serangan anda kelewatan, anda harus secepatnya membelokkan mouse anda ke samping atau ke belakang sesuai posisi musuh.

Selain itu reflek juga penting saat anda terkena hit 1. Hit pertama menentukan anda kena hit selanjutnya atau tidak. Karena jika musuh set kualitas gambar renda lalu efek darah dimatikan, tubuh anda akan kelihatan dan ada efek asapnya untuk sepersekian detik selama terkena tembakan.

4. FPS sangat penting. Pastikan dan usahakan FPS anda selalu diatas 20. Jika dibawah itu, alhasil kemana pun anda loncat kodok, anda akan dengan mudahnya tersangkut lalu terbang.

5. Selalu menomor 2 kan nafsu membunuh. Berusahalah bermain sabar dan pelan2. Terutama jika anda membawa bom.

6. Saat musuh mengarahkan senjatanya ke anda atau sudah menebak posisi anda, segera secepatnya berpindah tempat. Jangan terus diam.

7. Jangan pernah diam di dekat musuh! Kenapa? Karena jika musuh anda PRO dalam menggunakan headset, dengan mudahnya dia akan menebak posisi anda seperti sudah bisa melihat tubuh anda ada dimana.

8. Jangan lewati tempat yang sempit. Karena akan memperkecil ruang gerak anda dan mempermudah musuh menebak posisi anda.

9. Jika anda membawa bom, jangan membawa bom di daerah yang sempit. Karena akan mempersulit teman anda mengambilnya kembali saat bom drop, dan mempermudah musuh menjaga bom tersebut.

10. Jangan bergerak di satu jalur yang sama. Misalkan anda dan si A bergerak di sebelah kiri musuh B secara bersamaan. Tentunya dengan mudahnya anda dan teman anda akan di double kill. Tp usahakan berjalan di 2 sisi yang berbeda. Misalkan di kiri dan kanan. Hal ini membuat musuh sedikit kesulitan dalam mendengarkan napas.

11. Serang dari belakang. Jika anda merasa belum PRO, jangan mencoba menyerang dari depan. Serangan dari belakang susah sekali untuk dideteksi oleh headset musuh.

12. Pasang bom di tempat yang sempit. Meski sedikit susah anda mengcover bom tersebut. Tapi juga susah bagi musuh untuk mengcover temannya si defuser. Karena itu cover dari lokasi yang sedikit jauh dan gunakan headset untuk mendengarkan suara saat musuh mulai mendefuse bom.

13. Saat akan membunuh pendefuse bom, cobalah terlebih dahulu membunuh teman yang mengcovernya (kecuali jika anda sedang sendiri dan waktu sempit, sebaiknya bunuh pendefuse terlebih dahulu).

14. Saat ada bom jatuh, bergerak bersama rekan2 anda melalui 2 jalur berbeda untuk mengalihkan perhatian musuh. Jangan melalui jalur yang sama.

15. Jangan sembunyi di pojokan. Pojokan adalah lokasi favorit GR dalam menembak.

16. Ingat! Tugas utama Black List adalah memastikan bom terpasang dan melindungi rekan anda yang membawa bom. Memastikan apakah jalur yang akan dilewatinya aman atau tidak. Karena itu pergunakan radio untuk memastikan site mana yang lebih aman.

Global Risk


1. Pastikan anda mempelajari penggunaan headset. Dalam hal ini basicnya, jika musuh di kiri, akan terdengar napas di kiri. Jika musuh di kanan, akan terdengar napas di kanan. Jika musuh ada didepan, suara napas di kiri dan kanan sama besarnya. Semakin besar napas, berarti anda semakin dekat. Karena itu sering2 lah menggerak2an mouse anda untuk memastikan lokasi musuh.

Sementara advance nya, pelajari suara atas dan bawah. Logikanya, jika ada napas dan tidak ada musuh dibawah, artinya dia ada diatas. (Ini sering kali jadi bahan orang men judge kita spion atau cheat).

2. Pelajari suara langkah. Ini sedikit penting terutama saat musuh melintas di air. Ada 4 macam suara langkah, yaitu suara di air (ya di air), di besi (contohnya ventilasi B laboratory), di jalan biasa (ya kayak jalan biasa), dan di pijakan yang lapuk (contohnya ventilasi A laboratory).

3. Pastikan anda terus bergerak saat mendengar napas. Ini akan menyulitkan musuh dalam menyerang anda.

4. Berjalan di jalan yang sempit akan mempermudah anda mendeteksi posisi musuh jika ada nafas musuh.

5. Berjalan bersama2. Tentunya berjalan ber 2 lebih baik daripada seorang diri bukan?

6. Jika anda tidak memakain headset, jangan bermain rambo! Kenapa? Akan menyulitkan rekan anda yang menggunakan headset dalam mendeteksi musuh. Selain itu tidak semudah yang anda kira, peluru hasil rambo anda akan mengenai tubuh musuh.

7. Jika sedang tidak memakai headset, bermain safety dan berjalan bersama rekan2 anda. Lalu cobalah menembak tempat2 dan pojokan2 yang menjadi persembunyian favorit musuh. Dalam hal ini, pengalaman anda bermain sebagai BL dan GR sangat berpengaruh.

8. Dalam perkembangan teknologi (seperti munculnya kapak), berdiri di lokasi yang tinggi dan maju dengan menyabet2 kapak atau pisau sudah tidak aman lagi Karena 1 hit kapak akan menunggu anda.

9. Yang namanya flashbang waktu kita defuse itu gak guna. Kenapa? Pertama, akan membutakan mata teman yang mengcover anda saat anda mendefuse bom. Kedua, musuh tidak sebodoh itu akan melihat flashbang yang jatuh di dekatnya.

10 Yang namanya bom asep itu gak guna. Kenapa? Kata orang bisa kelihatan ntar. Bener. Tapi...... Itu hanya berlaku jika musuh diam. Itupun jika anda berada di sudut yang pas. Bagaimana jika musuh bergerak bunny dengan cepat? Tentu akan mempermudah musuh untuk bergerak tanpa terlihat oleh anda dan muncul tiba2 untuk langsung menyerang anda.

11. Bagi2 tugas dengan teman dalam menjaga site. Misalkan harus ada yang jaga site A, site B, lokasi bug bom favorit.

12. Jangan takut mati saat mendefuse bom. Jika tim anda masih banyak, minta tolong teman mengcover anda supaya musuh cepat keluar dari persembunyiannya. Mendefuse pada saat2 terakhir akan menjadi fatal jika tiba2 musuh datang membunuh anda saat anda mendefuse.

13. Perhatikan radar untuk melihat dimana lokasi teman kita mati.

14. Reflek penting. Saat menerima hit 1 anda harus cepat menghindar sebisa mungkin lalu menembak musuh sebelum anda terkena hit2 berikutnya.

15. Tabahkan hatimu. Bersiap2 lah menerima cercaan "spion! cheat! cac*d! cupu!" saat frag anda bagus dan indah untuk dilihat.

16. Ingat! Tugas Global Risk adalah menjaga bomb site dari plant bom Black List. Utamakan untuk menjaga bomb site dan nomor 2 kan memburu hantu. Pergunakan radio untuk memberitahu dimana lokasi terdeteksinya nafas musuh dan lokasi drop bom.

{ 0 comments... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...